-->

ads

Valentine Day Dan Generasi Rabbani

Rabu, 06 Mei 2009
VALENTINE DAY DAN GENERASI RABBANI 
Oleh: Masduki Duryat*) 

Alfin Tofler, dalam bukunya The Third Wave sebagaimana dikutip Oleh Jalaludin Rakhmat mengatakan bahwa kita sekarang ini berada pada gelombang peradaban ketiga. Di peradaban ini, perkembangan sains dan teknologi semakin cepat jika dibandingkan dengan perubahan kultural manusianya. 

Pada abad 21 ini, merupakan abad sainstific-tecnological, sains dan teknologi merupakan faktor dominan dalam kebudayaan dan peradaban manusia. Tanda-tanda ke arah itu cukup jelas kelihatannya, seperti dalam globalisasi informasi mutakhir, misalnya satelit komunikasi atau internet yang terus berkembang dan mengglobal, atau jaringan televisi dengan beragam program yang semakin teridentifikasi, yang tanpa dihalangi melintas batas geografis. 

Gelombang perubahan yang melanda kita sedemikian cepatnya, sehingga menurut Quraish Shihab memiliki implikasi tantangan, baik secara internal maupun eksternal. Pertanyaan kemudian yang muncul adalah bagaimana pengaruh semua itu terhadap masyarakat dan khususnya generasi muda? Apakah mereka akan terbawa arus dan hanyut, ataukah mampu bertahan?. 

Jawabnya terletak pada daya tahan masing-masing, yang rapu akan hanyut, dan kehanyutan itu biasanya mengambil bentuk, pertama menarik diri dari kenyataan hidup, bersifat apatis, atau kedua, menghayati hal-hal bersifat ideal semata, tidak berpijak pada kenyataan yang manusiawi, atau ketiga, bergelimang dalam kesenangan duniawi dan berfoya-foya dengan ‘kenikmatan’. 

Sedangkan yang kuat daya tahannya akan menikmati hidup ini dengan cara lain serta menemukan identitas dan jati diri yang sebenarnya. Tidak ragu lagi, kemajuan teknologi mendorong berbagai perubahan, atau bahkan transformasi kebudayaan manusia secara keseluruhan, Azyumardi Azra menyebutkan bahwa serbuan globalisasi-informasi mendorong berkembangnya nilai-nilai, norma-norma dan gaya hidup di kalangan masyarakat banyak. 

Kemajuan teknologi transformasi misalnya, mendorong terjadinya perkembangan budaya travel dan migrasi sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran nilai-nilai budaya dan peradaban antar manusia secara langsung. 

Pertumbuhan kebudayaan material dan konsumerisme yang hampir tidak dapat dikendalikan lagi, yang pada gilirannya menimbulkan gaya hidup hedonistik, yakni gaya hidup yang mengedepankan dan mempertuhankan benda dan kesenangan. Termasuk di dalamnya budaya valentine yang kini menyeruak dan menjadi trend di kalangan remaja kita. 

Valentine Day dan Hasil Survey Membicarakan valentine day kalau kita kaji dari sudut historis, berasal dari suatu festival bangsa Roma (Italia) kuno. Dahulu disebut Lupercalis. Mulanya perayaan ini diadakan pada 15 Pebruari untuk memuja dewa Lupercus (Dewa pelindung tanaman obat dan hasil bumi). 

Dalam pesta tersebut, mereka memohon kesehatan dan kesuburan tanaman dan ternaknya. Selama perayaan, kaum perempuan Roma menempatkan nama-nama mereka ke dalam sebuah kendi besar. Lalu para kaum laki-lakinya menarik undian nama-nama perempuan yang akan menjadi pasangan mereka, serta menempelkan nama perempuan tersebut di lengan baju mereka. 

Pasangan-pasangan tersebut akan bertukar hadiah, kaum perempuan akan menerima sarung tangan harum atau kado tertentu. Menurut keterangan lain, pada masa Kaisar Constantin (280-337 M) yang memeluk agama Kristen, memberikan tambahan acara. Tambahan acaranya adalah memberikan pesan-pesan cinta yang disampaikan oleh para gadis dan diletakkan dalam sebuah jambangan, kemudian diambil oleh para pemuda. Setelah itu mereka berpasangan dan berdansa kemudian mengakhirinya dengan tidur bersama.

Setelah bangsa Romawi memeluk agama Kristen, para rohaniawan menggeser 1 hari ke belakang dan menggunakan tanggal 14 Pebruari sebagai hari kasih sayang. Mengapa digeser ke tanggal 14 dan mengapa pula namanya menjadi valentine, bukan Lupercalis? Para rohaniawan Kristen memakai tanggal 14 dan menamakannya menjadi valentine, karena pada tanggal ini ada dua orang yang kebetulan namanya sama yakni Valentino dan keduanyapun sama-sama dihukum mati oleh Kaisar Claudisius II pada tanggal 14 Pebruari 270 M. 

Menurut Kaisar, bala tentaranya akan makin besar dan kuat jika orang-orang tidak menikah, sehingga kelaurlah peraturan bagi kaum laki-laki yang menjadi tentara untuk tidak menikah dan tidak tinggal bersama keluarga. Valentino melanggar aturan itu dengan menikahi perempuan pilihannya. Valentino kedua adalah seorang bishop dari daerah Temi. Sebagai seorang bishop, ia dilarang menikah. 

Tapi, larangan kaisar itu ditentangnya. Maka ia pun dihukum mati bersama valentino yang pertama. Dua martir (syuhada) ini, lalu diberi gelar Santo oleh masyarakat yang anti Kaisar karena pengorbanannya dan disebut sebagai Santo pelindung bagi pasangan yang sedang jatuh cinta. 

Dalam perkembangan kekinian valentine day, menjadi ritus yang dinantikan oleh para remaja tiap tanggal 14 Pebruari dengan berbagai kesibukan untuk menyambutnya. Beraneka ragam greeting card’s (kartu ucapan selamat valentine) dengan kata-kata romantis bertemakan valentine day biasanya banyak memenuhi supermarket dan bookstore. 

Berbagai tempat hiburan mulai mempromosikan sajian khusus di hari valentine ini, sebagaimana kita lihat khususnya di daerah perkotaan. Bahkan ritus ini dijadikan ajang oleh muda-mudi untuk berpacaran, berciuman, pergaulan bebas (living together), dansa, begadang semalam suntuk dan perbuatanlainnya sebagai sebuah ungkapan “cinta”. 

Sebuah survei yang relevan dilakukan di Bandung oleh Samsul Ma’arif. Hasilnya dari responden 413 pelajar SMA sebanyak 77 % mengaku senang dan pernah merayakan VD dan 23 % menjawab belum atau tidak pernah. 47,5 % merayakan VD secara kolektif bersama beberapa teman dan handai taulan. 26,4 % responden mengaku lebih senang merayakan VD bersama gebetan atau kekasih. Sementara ada 5,5 % yang merasa lebih baik merayakannya bersama keluarga dan sisanya 20,6 % merayakan sendiri-sendiri. 

Yang menarik, dan ini cukup signifikan ketika responden menjawab pertanyaan, “Bagaimana cara merayakan VD?”. Sebanyak 24,8 % menjawab jalan-jalan dan makan-makan ke tempat favorit, 52,9 % merayakannya dengan cara tukar-menukar kado, 4,9 % merayakannya dengan diskusi dan baca Al-Quran, sedangkan 18,2 % merayakan dengan cara lain. Khusus yang merayakan bersama kekasih, 52,9 % mengaku cukup sambil makan dan jalan-jalan, 15,1 % dengan cara berciuman, 2,7 % sambil nonton bioskop, sedangkan yang menjawab lain-lain 29,3 %. 31,0 % menjawab setuju VD dirayakan dengan ciuman/kecupan, 68,1 % menolak serta 0,9 % mengaku tidak tahu. Bahkan yang lebih ironis 77 % responden mengaku pernah dan senang merayakan VD. 

Dari hasil survei tersebut membuktikan betapa animo remaja terhadap budaya yang serba permisif masih cukup besar. Valentine Day dan Generasi Rabbani Dari uraian di atas sangat jelas, bahwa valentine day merupakan tradisi agama Kristen yang berakar dari budaya Romawi Kuno dan ini harus dikritisi oleh remaja Islam—generasi Rabbani. 

Generasi semacam ini merupakan pelopor yang mampu “memikul” beban berat yang harus dilaluinya—yang oleh Abdullah Azam disebut generai yang aktif dan kreatif. Seorang pelopor ummat hendaklah menjadi rabbani, baik dari segi gerakan, dakwah, ciri-ciri, sabar, ilmu dan amalnya. Artinya ia tidak akan lupa bahwa Allah itu Maha Kuasa atas segala-galanya dan Dialah sumber kemuliaan yang memenuhi kebutuhan, melindungi, menghidupkan dan yang memeliharanya. 

Dengan demikian generasi Rabbani dalam memandang sesuatu harus diselaraskan dengan pijakan dan ketentuan Rabbnya. Dalam kaitan dengan valentine day, genenrasi rabbani akan memandangnya dari sudut yang proporsional, dalam artian bahwa cinta kasih dalam konsep Islam ditempatkan pada kedudukan tersendiri dengan skala prioritas sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Baqarah: 165, al-Taubah: 24, al-Fath: 29, al-Maidah: 54. 

Bahkan secara cerdas mampu menangkap sabda Nabi yang diriwayatkan dari Abi Said al-Hudri: “Sungguh kamu akan mengikuti sunnah (acara-acara, tradisi, sikap, kebiasaan) orang-orang sebelum kamu selangkah demi selangkah, hingga mereka masuk lubang biawakpun kamu akan memasukiya”. Para sahabat bertanya, “Yahudi dan Nashrani?” “Lalu siapa lagi”, jawab Nabi yang mulia. (HR. Bukhari-Muslim). 

Wal akhir, diperlukan daya tahan dalam menghadapi era perubahan, dan daya tahan itu dibentuk oleh pengetahuan, pengalaman dan penghayatan agama serta nilai-nilai budaya yang luhur. Wallahu a’lam bi al-Shawab. *)Penulis adalah Guru SMA N 1 Kandnghaur dan Kepala SMA Islam At-Taqwa Kandanghaur Indramayu juga Alumni Program Pascasarjana STAIN Cirebon.

74 comments:

poppy_SN 1 mengatakan...

duh pa, ribet bgt bacanya . aja dawa-dawa nulise kuh pa . hehehe

tapi, kalo menurut poppy mah ngapain sih ngerayain yang kaya gituan ? ngga ada gunanya , yang ada, kita malah rugi besar .
valentine days kan identik dengan hura-hura . nah, pasti ngeluarin biaya besar kan ?
daripada buat hura-hura gitu, mending uangnya kita tabungin, kan lumayan tuh buat nambah-nambah bayaran sekolah . ( gaya baye ya pa, hehehe)
terus juga, alasan kita ngerayain itu tuh apz sih ? pengen kelihatan keren karena punya gebetan gitu ? pengen disayang sama pacar ? pengen ikutan gaul kaya yang lain ?
duh, percuma .
sadar ngga sih, orang tua kita yang udah ngerawat kita dari kecil ngga pernah kita kasih apa-apa ? kita tuh lebih mentingin orang lain daripada orang tua sendiri .
.lagian , kasih sayang itu kan bukan cuma di curahkan tanggal 14 februari aja . kasih sayang itu harus di ungkapin kapanpun dan dimanapun . betul ngga pa ??
.pa , uwis dikit ya ? pegel ngetike yakin .
ok pa !!!!!!!!!!!!!!!
assalamu'alaikum .....

created by: poppy SN 1

Anonim mengatakan...

Vallentin day adalah menurut saya hari kasih buat agama nasrani. yang jatuh pada tanggal 14 februari. dan pada hari itu dirayakan oleh agama nasrani diseluruh dunia. tapi sebagai umat islam kita tidak harus mengikuti program vallentin day okey. karena hari kasih sayang itu tidak harus satu hari saja, tetapi dirayakan setiap hari. apalagi vallentin day dirayakan dengan hal maksiat seperti berhura-hura, mabuk-mabukan, pesta sex yang nikmat,bercumbu rayu ditempat umum,dll. menurut saya itu semua tidak benar. artinya saya tidak setuju kalau vallentin day itu dirayakan umat islam.kalau pun dirayakan harus diisi dengan hal-hal positif. sekian . by Rudi ssn-1.

santy apRilieNi mengatakan...

menurut aku ch..
valentine day kan tradisi agama kristen...gak usah dh ngrayain ma pcar,ciuman dan pesta-pesta gitu..pastinya perlu banyak uang th..mending beli pecel ak z,,,he,,e

trus juga kan d dlam al-Quaran gak bleh d ryain...gak tw th sratnya lupa...

mending d tanggal 14 februari kita memperdekat dh sama Allah...inget dosa sh...

dah ia pa...byar warnetnya mahal...assalamualaikum....

Ana SSN-1 mengatakan...

menurut ana sich engga usah ngerayain valentine day dengan cara ciuman atau tidur bareng...boleh-boleh aja sich ngerayain valentine asal dengan cara yang sehat and ga diluar batas kewajaran aja,ga usah tuh dengan ciuman atau sampe tidur bareng

kata ana sich buang-buang uang dan wktu aja kalau sampe ngerayain valentine day dengan cara ngasih coklat atau pun ngerayain semalaman suntuk dengan pacar, .....


solusi ana sich mending juga bikin puisi aja buat sang pacar,kan gak usah bung-buang uang dan wktu,,boleh sich ngerayain valentine day sama pacar salkan jangan sampe larut malam yach


udah itu aja dech soalnya nulisnya cape neyh

Anita ssn-1 mengatakan...

valentine..........
hari kasih sayang atau hari penuh maksiat??????????
tergantung individu yang merayakannya cie,mu di isi dengan hal yang positif atau malah buat buat dosa !! tapi kitasebagai muslim ngapain cie narayain valentine segala, kangak ada pentingnya...he he he
maaf aja ni pak, kaki ma tangannya kesemutan yakin jadi gak konsen !
yah...........
aku gak setuju bgt kalo kasih sayang cuma di curahkan setiap tanggal 14 februari aja, tp harus tiap saat, tiap waktu dan tiap hari !!
lagian juga valentine kan bukan hari besar umat islam jd ngapain kita ngerayain valentine segala...
buang-buang waktu n duit aja..!
tapi, jujur yakin pak, kita mah durung pernah ngerayakena soale masih jomblo bae...he he)maklum durung payu..
tp bwt temen2 jgn grayain valentin yua..

nabilah_SN1 mengatakan...

Ass....
menurut nabil valentine itu tidak mesti di rayakan.
toh itu bukan adat umut muslim.
kita sebagai orang muslim harus mengerti apa itu valentine day?
mungkin kita dapat mengartikan valentine sebagai hari kasih sayang.
hari kasih sayang sebagai tanda kutip.
pasti kita sebagai remaja identik merayakan hari kasih sayang tersebut.
tetapi menurut saya, kita sebagai umat muslim jangan ikut^an merayakan hari kasih sayang.
toh juga kita umat muslim saling menjalin kasih sayang setiap hari,bahkan setiap detik.
valentine itu biasanya di rayakan dengan banyak menghambur^kan uang/hura^.
ngasih coklat,jalan^,ea gtu lah..
mendingan uang tu kita simpen deh buat bekal di hari esok.iya khan.
dan sekali lg kita harus ingat,kita sebagai remaja jangan ikut^an ngerayain kaya gitu^an deh..
rugi tauuu...
dan kita harus buka mata untuk mengerti pha sebenarnya valentine itu..
duh dah dulu ya pa,teklok kih tangane.
hehe,,,,
w'ass....
muga koment saya dapat diterima dengan baik.amiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn....

Anonim mengatakan...

sebetulnya saya no comen tapi karena demi nilai mau tidak mau ya harus mau maaf pa just kidding
kalo ngomongin soal valentine itu berhubungan dengan budaya barat, tapi apa kah kita khususnya negeri indonesia adalah orang barat ...??
dudu kan jadi buat apa di bahas panjang lebar dalam ajaran islam pun tidak ada valentine day dalam alquran pun ora ono ya enggeh pa he.....he.
menurut buku sejarah sokrates th.1780 ajaran valentane (ajaran roma) ora bener pa, ajarannya juga mendekati perzinahan(ngarti ora pa ngemek ngemek kaya kanan) ajaran itu juga di larang oleh agama kita ok cuy...
sebetulnya hari kasih sayang juga ga harus di rayain pada tgl 14 feb doang tp juga kan bisa di rayain kapan pun dimana pun siapapun ok pa....
karena teknologi masyarakat kita jadi terpengaruh dlm halhal seperti ini ya ga pa....
sebenernya bener juga sih kita harus menyayangi orang orang yg kita cintai but juga dudu pacar doang ya kan pa.. tp juga orang tua kita kakak kita adik kita
bibi kita paman kita nenek kita teman kita sampe pitung turunan kita (kita lo aja kali gua engga)
maaf pa........
dan menurut buku aristoteles orang yg dari agama kristen juga menambahkan dalam acara vallentine di roma. dan sudah jelas yg membuatnya juga orang kristen vallentine itu bukan ajaran kita bukan untuk kita bukan karateristik kita ya ngga pa ...ok
tapi ngga apa apa juga sih ngrayain vallentine juga tapi harus yang wajar yang sopan engga melanggar norma norma dan uud 45 dan pancasila ok. wis dingin ya pa ok.........

Anonim mengatakan...

Irvan berpendapat :


mixummm....

VALENTINE DAY...
mendengar kata VALENTINE pastilah anak-anak remaja masa kaini berfikiran untuk memberikan something yg special to someone.. ya kan???????

klo menurut pendapat q pribadi sih, klo VALENTINE DAY ntu tidak seharusnya di rayakan secara berlebihan, betul gak pak???
Sebagai insan penerus bangsa, kita harus bisa menghindari hal-hal yg negatif dari pengaruh VALENTINE DAY tersebut..
kalau pun toh mau dirayakan sebaiknya dengan hal-hal yg positif aja ye.. seperti membantu orang-orang fakir miskin ataupun mengasihi anak-anak yatim yang membutuhkan pertolongan dari kita.
stuju gx pha????
tapi, seharusnya hal-hal seperti itu tidak harus dilakukan pada saat VALENTINE DAY saja, melainkan cobalah kita lakukan hal-hal yg positif tersebut di setiap hari-hari kita??
oke kan Pak??

bagaimana kalau kita merubah kebiasaan kita saat VALENTINE DAY,, sebagai contoh tidak hanya memberikan perhatian kepada someone yg kita cintai tetapi juga berilah perhatian kpd kedua orang tua kita yg telah membimbing kita selama ini...


dan ini aja ach, dah capek neh tangannya..
pesan saya janganlah terlalu berlebihan untuk mengasihi kpd orang lain..
bye..bye..

maaf pak klo saya pke'y anonim
maklum baru belajar..
he..he..he..
Moh Irvan
X SSN 1

Anonim mengatakan...

oN fikri Opinion :

mikum.....
pak, klo menaggapi soal ini saya sependapat dng Bapak dan dgn orang-orang yg berpendapat dgn bapak karena menurut sejarah yg pernah saya baca dalam suatu book menyatakan " bahwa VALENTUNE DAY adlh hari dimna umat Islam di kalahkan by umat Nasrani ".
Oleh karenanya saya sangat menentang keras terhadap yg namanya VALENTINE DAY, selain itu VALENTIE DAY adalah kebudayaan org-org Nasrani bukan kebudayaan dari kita, jadi kita sbg umat islam yg "bae" qt tidak boleh mengikuti kebudayaan itu.

sekian saja pak takut Bapaknya cape bacain komen-komen dri tmen"

Wassalam....

FIkri
X SSN 1

Anonim mengatakan...

Asaslamualaikum pak?
bapak calon S3...
insya Allah.

Mmm?
menurut saya,
valentin itu adalah hajat "orang barat".
sebetulnya bangsa kita tidak perlu mengikutinya.
karena bangsa kita mayoritas bangsa muslim yg tdak d prbolehkan kaum muslim untuk brpacaran.
arti valentin itu sndri = hari penuh kasih syang yg sering d rayakan dengan hal2 yg bersifat hurasi jadi dengan membaca bismillahirahmanirrohim fatwah muchamad lutfi tantowi menegaskan bahwa hari valentine di bumi hanguskan wabilkhusus d wlayah NKRI indang.........
by;
M.Lutfi tnt/kakack fertama

Zaenal Abidin x_ssN 1 mengatakan...

assalamu'alaikum ...
saya setuju dengan pendapat wacana yang ada diatas ...
Secara intuitif, momentum tersebut bukan kultural kita ...
melainkan budaya asing ...

jadi ! untuk apa valentine days dirayakan ?
menerut saya, momentum tersebut banyak mudzaratnya dari pada manfaatnya, tidak sedik orang merayakan momemtum tersebut dengan kegiatan yang negatif atau kemaksiatan. contohnya : free sex, ng-drugs dan lain sebagainya ..

secara historis, bagi kita yang merayakan acara tersebut sama saja menghina agama kita sendiri ...

kita sebagai generasi muda islam harus berpegang teguh pada akidah dan akhlak keislaman kita, karena banyak faktor dari luar yang ingin merusak generasi muda dengan gejolak dunia entertaint ..
yang dapat mempengaruhi mental generasi muda islam yang masih labil..

jadi, kita harus berpegang teguh pada akhlak dan akidah keislaman kita yang bersumber pada al-quran dan hadits..

terimakasih....

Created by: Zaenal Abidin, X-sN 1.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alikum warahmatullahi wabarakatuh...
peace be upon you
by marcies allah I want to comment your articel

wow that very fantastis,amazing n very eksotis!!!!!!!!!
I think you suittable to continue your talant in writing the articel,n my good idea you can make one book about VALENTINE DAYS. may be like Ary Ginarjar by ESQ POWER.

OH yach sir,in my opinion valentine day is bad opinion n can broke our dreams in next time. Way ?????????????

Beause valentine not from ISLAM tradition,but in Islam the pease must everyday not only in one day.Example; every after praying we always say SALAM or pease to the other people.

trims, see you next time
wassalam



by Ade maulana aminuddin SSN 2

Anita ssn-1 mengatakan...

hUUhh........
valentine days?????????????????
bikin ribet aza sih, masih mending juga valentino rosi,pembalap keren lagi!!!!hehehehe

mmmmmmmmm..........
udah deh kita yang sebagai umat muslim mendingan ga usah ikut-ikutan ngerayaain valentine, bener juga tuh komen dari temen-temen. ga ada gunanya juga kita ngerayain valentine.........

tapi tgl 14 februari tuh, sekarang udah identik banget sama hari kasih sayang, coklat, bunga, kado n masih banyak yang lainnya yang suka dilakuin sama para remaja di dunia yang lagi pada kasmaran.

kalo emang kita mau ngerayain hari valentina, ya kita isi aza sama hal-hal yang positif. kita juga ga harus ngerayain ma pacar.
nah....kalo tgl 14 februari itu udah lewat, bukan berarti hari-hari yang lainnya ga kita isi dengan rasa kasih sayang kan??
udahlah pokoknya valentine days itu bukan hari yang penting-penting banget, yaa...kalo perlu kita jauhin aza. setuju ga??????? setuju bae gah lah amber gelis pragat!!!!!!! heheheheheh
kosa kata baru kih pa punten bae ya...... he he

pa,sampun ya......
daaaaaaaaaahhhhhhhh....
asalamu'allaikum

Lidya Ssn 1 mengatakan...

hUUhh........
valentine days?????????????????
bikin ribet aza sih, masih mending juga valentino rosi,pembalap keren lagi!!!!hehehehe

mmmmmmmmm..........
udah deh kita yang sebagai umat muslim mendingan ga usah ikut-ikutan ngerayaain valentine, bener juga tuh komen dari temen-temen. ga ada gunanya juga kita ngerayain valentine.........

tapi tgl 14 februari tuh, sekarang udah identik banget sama hari kasih sayang, coklat, bunga, kado n masih banyak yang lainnya yang suka dilakuin sama para remaja di dunia yang lagi pada kasmaran.

kalo emang kita mau ngerayain hari valentina, ya kita isi aza sama hal-hal yang positif. kita juga ga harus ngerayain ma pacar.
nah....kalo tgl 14 februari itu udah lewat, bukan berarti hari-hari yang lainnya ga kita isi dengan rasa kasih sayang kan??
udahlah pokoknya valentine days itu bukan hari yang penting-penting banget, yaa...kalo perlu kita jauhin aza. setuju ga??????? setuju bae gah lah amber gelis pragat!!!!!!! heheheheheh
kosa kata baru kih pa punten bae ya...... he he

pa,sampun ya......
daaaaaaaaaahhhhhhhh....
asalamu'allaikum

Anonim mengatakan...

punten bpake kula radinal chowyy.... komentar valentine ya pak? okeh..... jadi kenen pak Valentin kan di deklarasikan sbagai hari khasih chayang ........ yang d ryakan stiap 14 feb ........ nah valentin ini kan brsal dari bangsa/kaum nonmuslim okeh?....... lalu kta sbagai seorang muslim banyak juga yang merayakanya .... sbtulnya kembali lagi kpada dri kta masing2 , apakah valentin itu perlu d rayakan? kan valentin dsitu mnurut saya mengandung hal2 yang agak negatif dan bersifat Hurasi/kurang pantas untuk d lakukan/dirayakan oleh kta yg soeoran muslim okeh.........

jd mnurut saya boleh saja d rayakan tpi hal positifnya saja yg hrus kta niati.....sdangkan yng lainya saya tdak mau ikut campur okeh.........

skian dan haturtekyu......
radinal presented.

Anonim mengatakan...

VALENTINE DAYS....Hari kasih sayang penuh kemaksiatan........!!!!!!!!!!!
Mungkin tidak semuanya berpendapat demikian, namun sebagian remaja berpendapat bahwa hari itu merupakan hari kebebasan mengungkapkan kasih sayang yang berlebihan, yang identik dengan KEMAKSIATAN terutama apabila kita melewatinya dengan seseorang yang kita sebut sebagai PACAR....
Menurut saya ngapain ceh kita ngrayain hari valetine??? gak da untungnya lagi guys,klo sekedar mau ngungkapin kasih sayang mha gak usah nunggu hari itu kali,kita kan bisa ngungkapinnya tiap saat..
Lagian valentine kan salah satu hari besar agama kristen,salah2 klo kita ngrayainnya kita bisa di cap sebagai penghianat agama lagi{He...he...sadis bangt ceh bhsanya}
lagian bwt ngrayainnya butuh banyak biaya tw,,tu che sama ja pemborosan!!!!mending dwtnya di tabung bwt hal yang lebih bermanfaat....ia gak pak?????

udah akh pak,cape ngetiknya,,,
tar kasih nilai yang besar ych!!!!!!!!!! He....he....he...



dari ku FERRY LISTIANI-SN 1

Anonim mengatakan...

ass.....
valentine day?????
hari kasih sayang atau hari pesta pora????

menurut aku, perayaan valentine day identik dengan pesta pora..
banyak remaja yang merayakan valentine day dengan cara yang berlebihan..
sebenernya valentine day ngga mesti di rayain sih, terutama bagi kita umat islam, because valentine day itu kan hari kasih sayangnya umat nasrani..
bagi kita umat islam, tidak ada hari kasih sayang yang cuma satu tahun sekali, iya kan????
karena hari kasih sayang menurut islam adalah setiap hari yang kita jalani, bukan setiap tanggal 14 Februari aja..
so, ngga ada gunanya deh bagi kita untuk ngrayain valentine day, cuma buang-buang waktu aja..

udah dulu ya pa, daaaaaaahh.....

wass....

by _ Dede MJ (SSN 1)

Novia Sn-2 mengatakan...

Assalamualaikum ...

Woww...
sangat menarik...

Valentine Days.....
Menurut Novi gx da guna nYa..
dan yang pasti Gx perlu dirayaiin seGala, because... mubaZir dan dapat menyumbang tabungan, Tabungan??? YupZ untuk masuk Neraka... RUgi dch kita..

dah dulu yCh Pa.. Terus buat artikel yang buanyyyyyak ya Pa dan menarik... Seperti Valentine Days..


Wassalam...
Bye. Novi SN-2

Si Kembar Sn1 mengatakan...

ASsalamualaikum Wr. Wb
Artikel yang mampu menarik minat
kami untuk membacanya.Tak kalah menariknya dengan artikel yang lain..


sungguh bacaan yamg dapat menggugah hati seseorang untuk berkali-kali membacanya.Valentine Day,Budaya asing yang masuk kedalam Bumi pertiwi Indonesia.Kenapa harus di rayain besar-besaran oleh para kaum remaja? menjadi sebuah pertanyaan besar..Memang dimasa remaja,semua orang ingin sekali mencari jati dirinya masing-masing dg segala cara.

MUngkin hanya itu saja komentar dari kami..Sekian Terimakasih




Wassalam
By Imron Fahmi Twins SSn 1

chubby mengatakan...

assalamu'alaikum .....
pa, ini surti .
menurut surti pa, memang sebaiknya VD tidak usah dilakukan dengan hal-hal yang merugikan diri sendiri. apalagi saya merasa sebagai seorang wanita, tidak sepantasnya VD dijadikan alasan untuk bermaksiat ( kata-katae gaya ya pa ? hehehe )
ana maning pa,,
mengkenen kih ....
daripada berbuat maksiat kita sebagai anak muda cari aja kesibukan yang lebih berguna buat ngerayain VD. contohnya nih pa, maen basket ( bagen beli bisa gah ^_^, sing penting mah gawe sehat ). tuku coklat, sing regae larang kah pa .daripada kanggo demenan , mending di pangan dewek . iya beli pa ?
VD bisa dilakukan menurut kita sing ngerasa islam mah pa, nyumbang duit bae kanggo sodakoh jum'atan( bagen 1000 gah ^_^ )
lagi pula kita ngerayain itu rugi besar, because(jare rihana kunuh pa )si valentino jare bapa kah dudu wong islam dudu apa . jihad buat islam aja ngga . ngeladeni temen pa, traktir kita baso bae mending gah . bapa olih pahala, kitae olih wareg .... ^_^
untuk VD kalo bener-bener pengen ngerayain, ngga usah yang muluk-muluk . toh, kita ngga dapet apa-apa dari valentino . pahala bae ora ... mending sholawatan karo ngaji , kanjeng nabi pasti melu do'ai kita supaya manjing surga .. atau sholat aja diperbanyak , sama allah mah pasti di kasih ganjaran .
sama do'ain aja buat orang tua kita baik yang masih ada atau pun yang ngga ada . pasti dapet pahala . dan si valentino, ngga akan bisa seperti allah sama rasul kita Muhammad .
wis dikit ya pa, pegel kih ...
oia pa, gambar ning blog aja bagus-bagus, kosinan larak-lirik ampe kitae GR pa .

wassalamu'alaikum ......


by : ibu dirijen, Surti ( aran aslie mah ida aisyah pa , sing kelas SSN 1)

Anonim mengatakan...

klo mnrut saya ssii pa .........

hari valentine itu gga usah di rayaain n kalo d rayaain gga perrllu ciuman + tdur bareng gttu lah pa,,,!!!!


klo pengen sayang ma orang yaang kita sayangi gaa usaah pas haari vaalentine tau paas tabggal 14 februanrii...
bissa kan kita sayaang ma orang tiap ssaaat, setiap menitt,, setiap detikk, setiap menit,, dan setiap pa laagi ya pa,, ga taau akkh bingung...
yya kkan ppaaa??? bener ga ppa???


hhhhuuuuffffkkkk^^^^^

dan yang ngrayaiin vallentine tuh bwt orng yang non Islam ..
ya kan ppa^^^


PENGUMUMAN

Bagi orang yang ngrayaaiiin harrii valentine pasti nysell,,
becusse, mndingan uang nyoh buat bayar :

1. bayar pullsa,, itu juga kalo yang utang pulsa..hehehehehe
2. bayar uang sekkull
3. mending buat makan pecel di warungnya santii...

hhhuuuuffffkkkk^^^^^
hehehehehe^^^^
hhhhhoooohhhhooohhhhooo____


dduukkh pa udah dulu yaa.. becuse tangannya cape nii....


assalamualaikum


Sri Ayu Lestari_sSn 1

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb? Ehmmmm. g ngap ni pa? Ne AaN andri yanO_ssn1. I wanna comment.

I'm not totally agree with you. aku mau tanyadulu ne pa n jwb'y di skolah yaa. gimana ceritanya c VD itu bisa masuk ke Indonesia?

aku sih ngrasa bahwa VD itu hari yang gimana gitu... menurutku VD itu boleh dirayakan oleh siapapun. Toh itu hak mereka juga. tpi qta seorang islam ngerayainnya dengan baca qur'an dengan niat karna Allah SWT, dll. perkiraanku, mungkin yang ngisi hari itu adalah orang yang belum tau apa dan bagaimana VD itu????.
Kalo yang udah punya pacar, perhaps on the day akan ngerayainnya dengan do'i.

See you.........

fitri nurul mengatakan...

menurut fitri hari valentin itu hari yang ga semestinya di rayain buat umat Islam di seluruh dunia, karena ga ada satu hadistpun yang menerangkan tentang itu,
karena itu, fitri berharap semoga bapak bisa menyadarkan para remaja jaman sekarang. mungkin itu aja yang dapat fitri sampaikan, makacih...
by FITRI NURUL SSN 2

fitri nurul mengatakan...

MixumZ bpa. . . .
Gi pa nich/
"VALENTINE DAY" Kta orang" hari kasih sayang, tpi klo mnrut aku kaya nya bukan dech. . . .
karena ksih syang tu hrus nya stiap hari, bkan hanya di lakuin pda tgl 14 februari aja. . .
yach mngkin cma tu aja komen dri neng kaidah. .
soal nya pucing. . .
tpi aku salut koq ma bpa, karena dah nulis artikel ni buat kita".
mudah"an remaja sekarang sadar bahwa hri valentine di haramkan mnrut agma islam.. .
wassalam. . .
by: Anggraeni Kaidah. SSN 2

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Masduki niki sareng Gunawan Syah A. SSN 1 Putranipun Guru Kelas V SD N Eretan Kulon III (weruh bli pak...? bka ora weruh ya...lupakan saja ya pak...ok!!!!!)


VD ya pak....... yah menurut saya sich pak VD itu kan kebudayaan Orang2 Luar, ngapain donks kita ikut-ikutan (ya bli pak....?)


Intinya mh saya itu tidak setuju dngan VD, itu tuh cuma hura-hura semata..... sebaiknya hari kasih sayang itu di rayain setiap hari,, kenapa koq itu cuma dirayain hanya pas tgl 14 februari saja ....????


ya wis pak lah semono bae komentare kita mh

wassalam...........................

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Masduki priwe kabare...??? waras ora pak....?

Aran inyong Arie JP SSN 1 putranipun Bapak TNI AL...(sombong bli kita kuh pak....??)

inyong berkata :
tentang VD saya tidak banyak komentar tetapi demi tugas OK lah inyong ngasi komentar

Begini pak VD ya pak Emmmmmm.... (apa ya pak...soale inyong belum pernah ngerayain acara sg kaya konon kah pak....weruh dewek ora pak)
sesungguhnya VD itu termasuk dalam kegiatan yang tidak bermanfaat contohnya seperti nyong ketahui kalau nggak salah (ya pasti bener ora pak) memanfaatkan VD dngn hal2 yg di hubungkan dngn perbuatan maksiat... hari kasih sayang itu bukan hanya dirayain dngn pacar aza, tapi liat ortu kita dari kecil mengasuh kita dngn penuh kasih sayang smpe sebesar ini... namun setelah sebesar anak SSN 1 (kasih sayang seorang pacar tidak sebesar n setulus kasih sayang dari ortu)
lalu... apa balasan kita...??? apa dngn pacar aza????? Tidakkan???? truz hari kasih sayang itu bukan hanya satu hari, melainkan banyak hari yg bisa kita manfaatkan....

so... inyong disagree with VD
wassaam.........
good bye........

shusi sn1 mengatakan...

assalamualaikum,,,,
menurut saya perayaan valentine day tu gak usah dh di rayain soalnya kan pada hari tu otomatis kita ngasih hadiah or ngadain acara2 gt....
trus dari pada uang jajan kita habis buat ngrayain gtuan mending d tabung z...
n nunjukin kasih sayang pada orang yang kita sayang kan bisa kapan z...



ia gag...

Anonim mengatakan...

assalamualaikum,,,,,,,,,,
menurut saya se pak,,, merayakan hari valentine tuh ga penting....
ngapain juga ngerayain gituan??? ga ada gunanya kan???iya ga pa???
menurut ajaran islam se merayakan hari valentine itu haram....
dan ga ada gunanya,,,malah kita bisa rugi besar...biasanya kan hari valentine kita ngsih hadiah bwat orang yang spesial bwat kita...nah itu kan bisa ngeluarin uang banyak!!!
mendingan uang itu bisa bwat nabung dan bisa bwat kita sedekahin ke orang2 yang tidak mampu...
dan hari valentine ga harus di rayain tanggal 14 februari aja,,,kita bisa ngerayain hari itu kapan aja,,, ya seperti sama allah, orang tua, dan orang2 yang kita sayangi...
dah dulu yah pa,,,soalnya dah cape nih ngetiknya,,,
akhir kata.....
Wassalamualaikum...
By.RINDY SSN1

Anonim mengatakan...

mixhum...........
menurut aku ch pa....
ngerayain hari valentine tu gha pentang dech...soalnya khan uang jajan kita kepake buat beli hadiah,,dari pada buat kaya gtuan mendingan ugha buat kepentingan yang kita butuhin(bukan berarti Ndah pelit) tapi fakta kan dari pada buat yang gha penting mendingan buat shopping he...he....

trz ugha hari valentine khan buat orang2 yang non muslim,,bener gha...???

lagian ugha hari kasih sayang ntu hrz stiap hari bukan satu tahun sekali...N kasih sayang ugha gha haruz sama pacer sama ortu kt uga bsa,,ma adik,,sama temen,, jadi yang merasa gha punya pacar ga usah sedih OK..

yach...Ne che mnurut Ndah.....


by _indah ssn 1

zombie mengatakan...

ass... pa,,
tentang VD ya pa???

menurut saya nih pa, VD tuh ga usah dirayain deh pa, because itu kan hari besarnya umat nashrani bukan umat islam..
so, buat pa sih kita rayain kan ga ada gunanya, iya kan pa???

wis lah pa, intie mah VD di bumi hanguskan..
asal aja VD Aldiano baye, eman gantenge kaya kita..
(hehehe............)

wis ya pa ya, pegel yakin....

by_TRENDY BUDI BACHTIAR (SSN-1)

Anonim mengatakan...

Assalam Mu'alaikum Wr.Wb
Pak ni INDAH AYU ARISKA SSN_2
Menurut Ndah cii,,,ga pa2 ngerayain VD,tapi yang penting kan kita ngerayainnya yang sewajarnya aja,ga perlu yang berlebihan gitu,seperti yang bapak sebutkan tadi,,,,yang ciuman,yagitu_gitu dech,itu kan udah termasuk zinah, yakan???

Oiia kalau mau ngerayain VD yang baik,itu harus sesuai dengan kaidah Islam,emang cii di Islam itu ga ada hari yang khusus buat ngrayain kasih sayang,karena di Islam kan kasih sayang itu bukan di rayain cuma pada hari itu aja,tapi untuk setiap waktu,ya ga pa?
pokoknya boleh kalau menurut Ndah mah,yG penting kn kita ngrayainnya sesuai dengan kaidah-kaidah Islam yang sudah di ajarkan oleh agama kita, , ,
Udah dulu ya pak, , ,
Wassalam Mu'alaikum

By
INDAH AYU ARISKA SSN2

Anonim mengatakan...

Menurut aku Valentine days tu gG terlalu pNtnG2 Bgd che............... N valentine tu gG Usah di rayain jga ga apa2(kata para joMBLO Ya pa...),Tpi KaLau yang udah pNYA cWO mah nyEseL tW Kalau gG DIraya_in mAH,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, jadi VaLentine tu gg muSTi di rAYain buAT huRa2 ja, mEnding JUGA Di rumah NnTN TV DAN Tiduran ja darIpada kLAyaban gG JeLas dan buang dUIT Yg Gg pENTing bGd....................... hari kasih sayang tu bukan cuma tnagGL 14 FebruARI JA taU tpi setiap hri juga jika QT menyadarinya pENuh dgn kasih sayaNG BAIK DARI teMEn, paCar, maUPun kELuaGA. DAh dLu ya pa AKu dah cPe nihhhhh nULisnya.............................

Anonim mengatakan...

ass, pa....
VD ya pa????

menurut saya nih pa, VD tuh ga usah dirayain deh pa, because itu kan hari besarnya umat nashrani bukan umat islam...

so, ngapain sih kita rayain VD toh ga ada gunanya....

intie mah VD kuh kudu di bumi hanguskan...
asal aja VD Aldiano bayee, eman gantenge kaya kita...
(hehehe.........)

wis ya pa, pegel yakin....

wass......

by_TRENDY BUDI BACHTIAR (SSN_1)

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum......

EmmMmhhh...
Bingung nehh pa mau koment apa...

Ya udah deh bwt pa Masduki,, Mubby bakalan komentar.

Menurut saia
valentine itu gak pentinkk..
lagian itu kan sejarahnya orang non islam.
jadi, Ngapain kita2 (orang islam) ikut ngerayain..!!!!

Buat saia setiap hari adalah hari yang penuh kasih sayang...

Udah ya pa,, komentarnya segitu aja....

Anonim mengatakan...

MikUm...

Mmm..valentine??Kaya_nya semua oraNg sangat meNG_agungkan banget sama yang nama_nya valentine..
Padahal menurut yaNti,,valentine day itu sama saja dengan hari2 biasa,,hari2 yG kita jaLani setiap hari.
Hampir semua orang..pa lagi kalangangan remaja,,pada saat valentine sering bertukar kado,,untuk mEmbuktikan bahwa valentine ntu hari kasih sayang,,padahal hari kasih sayang ntu setiap hari selalu kita dapatkan,,terutama kasih sayang dari orang tua kita.
Sebaiknya kita buang jauh2 fikiran tentang valentine day ntu,,rugi besar kalo terlalu di fikirin..!Gawe blenger bae ya pa??!hheheu..

Tri Oktavianti
X SSN_1

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Ehm mnrt nggit,hri ksh syng ntu gak mesti dirayain pas valentine z,,,,,
trus hari valentine ntu mnrt nggit,merusak generasi remaja islam zaman skrg. cntoh nya z di hari valentine ntu remaja zaman skrng merayakan nya dgn: berciuman,tidur bersama, ya gitu deh,,,,,
Hari valentine ntu bkan Budaya dri Agama Islam melainkan dari Budaya Romawi kuno.
ehm udah dulu ya pak,,,, coz antre ne...
By : Inggit Rahmawaty .SSN_2
Wassalamualaikum

Anonim mengatakan...

assalammualaikim Wr. Wb...

pa nii ATIKA TRI HANDAYANI....menurut atika che valentines days tuh gak perlu kita rayain kalo kita orang islam.because menurut aq VD tuh identik sama budaya orang barat.lagian juga kalo dirayain tuh(sama pacar) bikin orang yang belum punya pacar ngiri.hehehe...
truz atika juga ngga setuju kalo hari kasih sayang thu jatuh pas tanggL 14 FEBRUARI soalnya islam kan mengajarkan lo hari kasih sayang tuh ngga cma pda setiap waktu tertentu za,tapi setiap hari,dimanapun dan kapanpun.
npa ya pa kok generasi rmaja skarang banyak mmprngati VD pdhl mreka tuh orang islam...pdhal kan tu buang2 duit zzha and pdhal banyak hri" yng lbih pnting.cntoh'y hari kmedekaan or hari sumpah pmuda.
tapi ya maklum sih because skrang kan kmjuan teknologi smkin oke so mreka terpengaruh deh ma budaya luar,bner ngga pa???
dhah dulu ya pa...
wassalamualaikum....
By.
ATIKA TRI HANDAYANI SSN_2

Anonim mengatakan...

Valentine isnt islam culture
(valentine bukan budaya islam)

Valentine itu dari bangsa barat, pada valentine bangsa barat tidak menganut islam, sampai sekarang pun juga

jadi valentine itu bukan budaya islam yang harus di lestarikan atau di pertahankan melainkan untuk di hilangkan

banyak sekali orang islam yang berfoya-foya pada hari valentine padahal berfoya- foya itu sangat di benci islam.
oleh karena itu banyak sekali hal- hal yang lebih baik unuk menggemari budaya valentine yang lebih bercondong ke hal2 yang berfoya2
islam menganjurkan untuk bersodakoh, menyantuni anak yatim, dan memberi makan orang miiskin

bukakankah itu bisa menjadi kebahagian sejti yang takkan perna bisa di lupakan mpe akhir hayati

sekali lagi valentine itu bukan budaya orang islam

Anonim mengatakan...

ALlUw PaK!!!! PA KbAR??????
agy ngomoNgin Vd iaa Pak???

huft,, ngOmongIn VD ntU nTu gaG bangeDh dEwh,, coz tIka"kAn luM puNya Pcar jaDi gag da iaang ngaSI DAh....(KO CuRHaAT IAA???)

vD IANG BIAsA ANaX MuDA NGeRAYaIN TGgL 14 FEbRuari cbAgai harii kacH cYang,,, clAlu diIdentiKan dengAn tukEr kado,, ciuMan,, sleep together,,and iang gitu"gituan....


cbenernya ci leh jha ngeraYain,, pii ruz ceCuaI dEngaN noRma yang ada en ajaRan agama(beNer gaG paK???))

tyuz uga khan rIi kaCih cYang ntu gag haruS diUngKapIn pada hari itu..kasih cayang bisa kita curahkan kapan saja..

kasih sayang ga harus qta curahkan dengan body language,, dan gag harus kita curahkan pada orang yang kita kenal saja bahkan dengan orang yang tidak kenlpun,, salahsatunya iaa dengan memberikan senyuman....


created AtiKa kUmaLa dEwi SN_2

Anonim mengatakan...

Menurut aku Valentine days tu gG terlalu penting2 bgt che...........
cOZ berhubung ku lagi jomblo valenTine tu gG Usah di rayain juga gG Pa2 qO.Lgian enaK JUga nonTon Tv oR tDran ja daripada kLayaban gG JeLAS N buang2 duit ja mNdingan juga duitnya di taBung buAT KULIAH Hehehehehe.................


Tpi kaLau yany udah punya cowo maH nyeSEL Tw kaLau gG Dirayain mah tpi gG Usah muSTi berBuat maKsiat segaLA dOng cukup saLam2an ja ya hehehehehe........................

Lgian hari kasIh sAYang tu bukan cUMa tnGGL 14 Februari ja Tw Tpi Kalau QT menyadarinya setiap saat jUGa ada kasih sayaNg dari Ortu, gEBetan, maUPun Sahabat............................




by; sITI suMarti sSN_1

Anonim mengatakan...

Kalo menurut saia sih....

Hari valentine itu gak penting en gak gak ada gunanya buat orang islam kaya saia ini,,...

Hari kasih sayang kan bukan cuma tgl 14 Februari aja, tapi tiap hari juga merupakan hari kasih sayang.

VD itu kan buat orang2 yang non muslim. jadi kita orang muslim gak perlu ngrayainnya.

Udah dulu ya pa...
by_Ika Suwanda sSn-1

Anonim mengatakan...

Micum...........................

kalau menurut saya sih yang namanya valentine tuh ga usah di rayain lah gha adha gunanya X.........................


Buat apa cih ngerayain yang kaya gituan kalau agama islam sendiri mengharamkan adanya hari valentine,yang menurut orang hari kasih sayang.padahal sama tu dengan hari-hari biasa.


trus juga ga selamanya kan hari kasih sayang harus dirayain itu bersama pacar tapi bersama keluarga juga bisa.


da lah pak ga usah banyak-banyak tu komentarnya soalnya banyar ngenetnya MAHALLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL


By. vicky saeftia .W
x ssn 1

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum..........?

menurut saya"valentine day"
itu tidak harus dirayakan.meskipun
remaja sekarang mengartikan valentin salah besar.bahkan sampai-sampai dimana hari itu yang paling di tunggu-tunggu untuk mencurahkan kasih sayang terutama pada lawan jenis.sebenar nya hari kasih sayang bukan cuma hari valentin.

seharusnya remaja sekarang itu harus bersikap lebih bijak dan bertanggung jawab.
sebenarnya islam itu melarang kita berpacaran,tetapi remaja sekarang menyepelekan hal itu. apalagi dalam merayakan valentin dengan perbuatan yang sangat merugikan.

hal itu disebabkan karena remaja sekarang kurang merti tentang akidah islam yang benar.


by;UMI SYA'DIAH SSN 2

Unknown mengatakan...

assalamualaikum.wr.wb................

pak banyak banget kata-katanya.....jadi pusing........
tapi,kalo menurut dita X-SSN-2.VD
itu tidak usah dirayain sama orang2 muslim,tidak ada gunanya ini.ya...dita setuju dengan bapak karena sudah membuat wacana tentang VD.karena mungkin dengan bapak membuat ini.orang yang membaca blog bapak.akan mengerti bahwa VD.tidak dibolehkan.dan menurut dita,VD bagi anak remaja itu cuma ingin menunjukan bahwa ia mempunyai pacar.dan merasa hari kasih sayang itu adalah hari buat bersama orang2 yang terkasih.padahal hari itu bisa menjadi bumerang buat kita,apalagi wanita............................

dan sekali lagi ga usah ngerayain VD dech...percuma.rugi uang,waktu.n rugi semuanya dech.......


pak,udah ah....cape........



DITA EKA WINANTI X-SSN2


wassalamualaikum.........

Anonim mengatakan...

assalamualaikum

punten ya pa kirim-kiRim CoMment
duh...Pa Bnyak bGtz ci PuCink Baca'y

mank valentine dayz yg diidentikan dgn hri kcih chayank tu slalu dengan tanggal 14 februari pdhalkan hri laen'y jga baek kan!!

ya juga ci mank pa pntink'y gto ngerayain yg kya gtoan. kya kurang kerjaan aja.
mendingan kita gunain buat hal2 yg positif!!!!!!

wiss!!! duh ja akeh-akeh blibet dadie!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum WR.WB
A L O W Pak!
Sehat kan pak?

Maaf y!
Endah baru kasih coment sekarang.
Coz,kemaren2 nya masih sibuk seh.
hehe

To the point z y!
Menurut endah.....
Hari perayaan VALENTINE DAYS itu merupakn salah satu tradisi agama kristen yang berakar dari budaya romawi kuno.
Jadi,untuk kita-kita yang beragama islam tidak seharusnya mengikutii tradisi itu.
Apalagi sudah melanggar ajaran agama islam.

Survei membuktikan bahwa anak muda zaman sekarang meryakan VD itu dengan
-berciuman
-berpacaran sampai larut malam
-bahkan sampai tidur bareng
naudzumindzalik y pak!
Itu semua adalah perbuatan yang sudah melanggar norma agama islam.

Kesimpulnnya endah tidak setuju dengan perayaan VD.
Karena akan merusak anak2 muda kita,
terutama generasi islam kaya kita.
Selain itu perayaan VD akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit,
hanya untuk membeli kado.
Mendingan uang nya kita tabung atau buat bayar buku p.agama.
iya kan pak?

oiya......satu lagi nih pak!
Kalau bolea jujur mah,
endah yang sudah menginjak umur 16 tahun pun belum pernah merayakan VD.
Mungkin karena endah belum punya pacar seh!!!
hehe (curhat colongan neh!)

emh,,,udah dulu y pak!
coz,ngetike pegel pak!

BTW,ada bakat jadi penulis neh....
GOOD LUCK deh pak!
Maju terus pantang mundur y!

Coment nya dari :
ENDAH MULIA NURYANAH (anake ketua RW 1 desa wirapanjunan) kelas SSN2

Anonim mengatakan...

sory khilaf pa!!
blum kcih name comment'y
comeent yg ga da nama'y tu pnya aq
ya dah ulangi aza
napa ci valentine dayz yg diidentikan dgn tanggal 14 februari napa ga hri laen kan cmua hri tu baek!!!


By:DINI_SSN2

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum.....................


pak,saya elsa X-ssn 2.menurut saya ,kenapa setiap tanggal 14 feb.harus diadakan acara VD.terus kenapa acara VD itu diadakan cuma bersama kekasih bukan bersama keluarga............................
..kan lebih enak dengan keluarga ketimbang dengan pacar....

menurut saya,,acara seperti itu apa untungnya sich...buat kita,yang malah kita.rugi sendiri..lebih baik kita dirumah.mendekatkan kita kepada ALLAH.terus juga,acara VD itu kan acaranya orang kristen.....kenapa kita sebagai umat muslim harus ikut merayakannya?,,,,,,,,,,?.........


udah.....ah........cape...pak.....
mahal lagi..........


ELSA NURALIFIANA X ssn2


wassalamualaikum.......

Unknown mengatakan...

ASsalamu'alaikum....
menurut saya ngapain ngerayain valentin cuma ngabisin uang aja,tapi kebanyakan di kalangan remaja valentin itu..... katanya hari kasih sayang dan cuma dicurahkan setiap tanggal
14 februari, kok hari kasih sayang di batasi sih.hari kasih sayang itu kan seharus nya setiap hari yang di lakukan kepada terutama kepa ortu kita.ibu adalah orang tua yang harus di hormati lebih dulu sebab ibu sudah bersusah payah lahirin kita. ayah adalah orang tua yang selalu senantiasa menafkahkan untuk keluarganya.
dari pada ngerayain valentin yang biaya nya besar lebih baik kita tabungin aja uangnya,kan lumayan klo ada keperluan mendadak lebih-lebih kita masih anak sekolah pasti pengeluaranya banyak. dan selain itu disaat teman-teman ngrayain valentin lebih baik kita mengamalkan amalan yang soleh betul ngak pak...?

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr. wb...
kumaha pa damang?....
sebenernya ana ga paham bener masalah ini!...tapi ana cona deh!
valentine?... kata yang asing didenger, tapi udah jadi hari peringat yang ditunggu-tunggu bagi anak remja sekarang.
valentine bagi ana isinya hanyalah foya-foya, hura-hura dan pesta maksiat belaka, jd lebih baek pada ngaji deh! dari pada ikut ngerayain yang begituan!... ya ngga coy!... karena ana pernah dengar kata pak ustad, valentine itu haram!.... karena secara tidak lang sung kita dah ikut-ikutan orang barat. sejarah valentine sendir kan katanya pada saat zaman perang di salah satu negara di eropa, para tentara dilarang berhubungan dengan lawan jenis, tapi ada sepasang tentara yang nekad berhubungan secara sembunyi-sembunyi tapi tak lama kemudian berita tersebut terdengar juga dikalangan militer, akhirnya sepasang tentara tersebut dihukum mati. untuk mengenang kematianya munculah hari perayaan valentine... itu aja yang ana tau pak... kurang lebihnya mohon maaf. wassalamualaikum... created by arief h sn2

ika farikha SSN-1 mengatakan...

menurut saya merayakan valentine day itu boleh2 adjah selama itu enggak melanggar norma yang berlaku,,,

misalnya jalan2 ma tmen,atau ma keluarga,sama pacar juga ga pa2 sih,tapi harus ada batasnya,

tapi kalo di pikir2 sih mendingan enggak usah ngarayain sih,enakan juga tidur di rumah,

udah dlu ya pa pulsanya mou abis niyh, jgn lupa transfer pulsanya ......

Unknown mengatakan...

Assalam.....


menurut saya valentine day itu cuma menghabiskan segala2nya menghabiskan waktu belajar,menghabiskan uang dll
hari kasih sayang itu tidak pada tgl 14 feb saja tapi setiap hari,kasih sayang itu tidak sama pacar saja melainkan kepada semua orang terutama cinta kepada ALLAH SWT ya ga pa????????????????????????????
dari pada uang kita habis untuk menyiapkan hari valentine day yang gak berguna itu mending juga uang kita di tabung kek atau di amalin ama orang yang lebih membutuhkan. banyak manfaat nya kan??????????????????
ya............seperti banyak di senangi orang,orang tua kita juga bangga kepada kita, and yang pastinya kita dapat amal untuk di akhirat nanti.


udah ya pa cape nich..............lagian juga bayar warnet nya mahal.


by: Dede riyani ssn-2

Wassalam...........................

Anonim mengatakan...

Asslamualaikum, prtama tasma saya sampaikan salam sejahtera kepada keluarga besar Bapak Masdki Duriyat semoga bapak senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Dengan ini saya Erizal Harahap ingin menyampaikan komen tentang
Valentie Days YANG TELAH bAPAK TULIS.
Menurut pandangan saya valentine days bagi umat islam tak baik karena bisa menyebabkan STROKE bagi umat islam. Maksudnya stroke di ibaratkan sebuah virus yang membuat umat islam menjadi hancur,terutama dalam sikap dan perbuatan yang selama ini diajarkan agama islam.
Dalam kehidupan sehari-hari VD merupakan kegiatan foya-foya yang tak ada gunanya,jadi sebaiknya umat islam menjauhi kegiatan tsb. Oleh karena itu kita sebagai umat islam yang SEJATI tidak usahlah merayakan VD yang tidak ada gunanya. Mungkin itu saja yang dapat saya kemukakan.
Wassalam wr WB

By: EWRIZALS HARAHAP(kepala keluarga SSN 2&atas nama umat ilam)

Anonim mengatakan...

ASSalammualaikum Wr .wb
Pertama tama saya ucapkan Alhamdulillah hirobilalamin karena berkatb Llah SWT saya dan kami bisa mengerjakan tugas fro Bapak mASDUKI dURYAT.
Dalam kesempatan ini saya ingin mengetik komentar yang akan saya sampaikan sebagai berikut:
Seebenarnya komentar saya sama dengan anak anak yang lain' ttetapi walaupun agak sama saya tetap akan menyampaikannya.
Menurut saya VD merupakan adat orang orang Yahudi pada waktu dahulu kala, tetapi kenapa tradisi bangsa lain busa sampai ke kita????........., bahkan sampai ke daerah plosok plosok seperti: Camplong, BRUNGUT,Kemped, Tipar dll.Salahsatunya melalui teknologi yang saya pakai ini yaitu INTERNET. Dengan menggunakan ini kita bisa menetahi apa saja yang ada di dalam negeri ini salah satunya yaitu VD yang selama ini di permasalahkan dan menjadi persoalan yang amat serius olh para umat islam, ya.... mungkin kegiatan VDtak bisa di hapus dari kenyataan tapi hanya satu cara menghilangkannya dari kehidupan kita yaitu dg meningkatkan iman dan takwakita kepada Allah SWT. Demikian saja iraian singkat tentang komentar VD kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Waassalam wr. wb

BY: aBDUL munir (SSN 2)

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...... aduh istilah apa lagt itu valentine??????????
menurit IKAMAYU cih valentine itu ga da gunanya kali di rayain malah banyak mudorot antara lain pesta miras, hubungan intim, ya pokoknya mah pa... valentine itu identik dengan hura2 mendingan uang kita tabung aza biar ga minta lagi ma ortu gitooooo.....
lagian hari valentine itu ga mesti di rayain pas tgl 14 feb.... valentine itu bisa kita ungkapin tiap hari, kapanpun, di manapun, dan sedang ngapain aja..... pa dah dulu yah cape nih tangannya..... wassalam

bY: IKAMAYU PERMADI( X SSN 2 CAH PALING YAHUDDDD)

Anonim mengatakan...

assalamu alaikum wr.wb
pa ini Ali,pd ksempatan ini saya ingin menuliskan komentar saya atas bacaan bapak
menurut pendapat saya VD itu tak pentinglah bagi umat islamtapi kalau orang non muslim sich tak jadi pikiran. Soalnya VD itu cuma hura hura, cuma ngabisin uang kalo berguna sich tak masalah, masalahnya VD kn cuma ngabisin uang, kan sayang uangnya..........., dari pada ngrayain VD lebih baik belajar supaya cerdas kaya saya (sory sombong sedikit).
by:M. Ali F.yANG imOET tapi agak sombong SSN 2 tercinta.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum PAK......
Pak tarmidi lagi hepi nwih pak coz setelah membaca bacaan Bapak,yang amat sangat bagus
Komentar saya
; saya pribasdi VD gak pentig pak saya saja baru ndenger nmanya, dari pada merayakan VD lebih baik saya tidur dirumah, badan jadi sehat, stamina terjaga, dan hidup jadi hepi walaupun tak punya uang,yanh penting hepi couyyyyyyy..............!!!!!
Maaf sekian dulu ya pak dirumahbanyak kerjaan. Inget pak hidup harus hepiiiii....... jgn mikirin VD, pikirin z sholat ya ngga pak?? ??

by: Tarmidi yang lagi hepiiiii.... walau tak punya uang

Reza fiqriyani SSN-1 mengatakan...

assalamualaikum pak
aduh pak pegel yakin bacae dawa temen yakin................bapak kuh tegel banget yakin...

...menurut aku sich,,,valentine day it boleh-boleh aza sekali enggak berlebihan tapi alangkan baeknya bagi umat islam engga boleh dirayain lagian buat apa sich..??ga ada gunanya juga kan pak....


....dari pada hura-hura,pesta-pestaan yang ga jelas atau tukar-tukaran kado itu kan butuh uang..mending juga uangnya ditabung lagian juga enakan dirumah,tiduran sambil nonton TV engga pak.....


ya wis dikit ya pak soale pegel yakin....

Rismaya Sn2 mengatakan...

Mikum....

Pak nih Rismaya SsN2 mo komen neh...

Valentine Days yach...
waduh kalau denger kata Valentine Days pasti para remaja dah langsung berfikir pada pacar atau pasangan masing2... terus dirayakan sama pacar, masih mending kalau sekedar makan terus pulang... tapi kalau udah pulang larut malam atau pagi, wahh... bahaya tuh.... bahkan sampe berciuman MASYAALLAH.... BAHAYA...
dosanya 40 hari 500 tahun (40 hari shalat gx diterima & 500 tahun di neraka)pasti gax mau kan??? apa lagi sampe tidur bareng, Waduh.. (jare mbok tua ne kita mah pak, pamali jwehh...)lagian belum waktu nya... ntar kalau dah nikah baru aman..

Valentine Days kan sejarahnya dari kaum nasrani(jare artikel bapak, mau kahh pak...) nah kita wong islam (cory nch.. yang non islam), jadi kita gak boleh ikut ikutan kaya kaum nasrani, kalau ikut ikutan sekalian aja pindah agama (wuitzz..sadis banget yach) dalam al-quran juga gak ada hadist nya tentang Valentine Days ya kan??? jadi kita gax usah ikut ikutan kaya kaum nasrani..
agama kita dengan mereka kan beda..jadi tradisinya beda donk, jadi.. perinsipnya:"loe..loe..gue..gue"(jare bahasa gaul kah pak..! he..he..)

ya intinya kita umat islam gak boleh ngerayain Valentine Days, lagian hari kasih sayang gak harus 14 feb... setiap hari kan dapet kasih sayang dari teman (nyontek PR kuh.. he..he...) dari guru (olih pelajaran sing bapak kuh..) dari ortu (sangu gal esuk sih.. he..he..)dll

udah yach pak.. makasih dah terima komennya...

Mikumm... (By Rismaya W. SN2)

agung Sn-1 mengatakan...

assalamu'alaikum....

Valentine isnt islam culture
(valentine bukan budaya islam)

Valentine itu dari bangsa barat, pada valentine bangsa barat tidak menganut islam, sampai sekarang pun juga

jadi valentine itu bukan budaya islam yang harus di lestarikan atau di pertahankan melainkan untuk di hilangkan

banyak sekali orang islam yang berfoya-foya pada hari valentine padahal berfoya- foya itu sangat di benci islam.
oleh karena itu banyak sekali hal- hal yang lebih baik unuk menggemari budaya valentine yang lebih bercondong ke hal2 yang berfoya2
islam menganjurkan untuk bersodakoh, menyantuni anak yatim, dan memberi makan orang miiskin

bukakankah itu bisa menjadi kebahagian sejti yang takkan perna bisa di lupakan mpe akhir hayati

sekali lagi valentine itu bukan budaya orang islam.

by: Agung sn-1

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum wr. wb.....,

ayahqu tercinta.........

ngomong tentang ValEntiNe dAys,, saya sangat tidak setuju,, karena vd akan menjerumuskan qta kedalam zina.

dalam alqur'an dijelaskan qta harus menjauhi zina..

jadi,, qta harus menjauhi vD..

hix..hix...hix....

:-)

iWiiee... mengatakan...

pak,, maf luPha kShi nAma....

pak,, iiang gag da namanya itu punya saya....

by WuNi aNdrEaS aPriYusIta_sN2

Anonim mengatakan...

Siti Aminah & Fahmi Rosyadi...
(Pak berdua enggak apa-apa kan)
Asalamu'alaikum wahai guruku yang sangat kami cintai dan banggakan,semoga Allah SWT selalu menyertai disetiap langkah hidup yang Bapak jalani.Amin
Tentang komentar Valentine Day,tidak seharusnya generasi Rabbani merayakan serta mengikuti adat dan kebiasaan umat Kristiani.Didalam Islam semua hari adalah hari kasih sayang,jadi tidak seharusmya kita mengikuti kebiasan umat kristiani.
Allah berfirman didalam surat Al-Maidah ayat 51 yang artinya:"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.”
Dan disebutkan pula dalam ayat yang lain,Allah berfirman:“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya.” (Al-Mujadilah: 22)
Rasulullah SAW bersabda:
عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ مَنْ كاَنَ قَبْلَكُمْ شِبْراً بِشِبْرٍ وذِرَاعاً بِذِرَاعٍ, حَتَّى لَوْ سَلَكُوْا جُحْرَ ضَبٍّ لَسَلَكْتُمُوْهُ. قُلْنَا: يَارَسُوْلَ اللهِ, الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَى ؟ قَالَ: فَمَنْ» ؟ . رواه البخاري

Dari Abu Sa’id (al-Khudry) bahwasanya Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh kalian akan mengikuti sunnah (cara/metode) orang-orang sebelum kamu, sejengkal-demi sejengkal, sehasta demi sehasta, hingga andaikata mereka menelusuri lubang masuk ‘Dlobb’ (binatang khusus padang sahara, sejenis biawak), niscaya kalian akan menelusurinya pula”.
Jadi sudah jelaslah larangan dari Allah SWT dan Rasul-Nya,bahwa kita dilarang meniru kebiasaan umat Kristiani.
Tidak boleh merayakan valentine’s day karena sebab-sebab berikut:

Pertama: bahwa itu adalah hari raya bid’ah tidak ada dasarnya dalam syari’at.

Kedua: bahwa itu akan menimbulkan kecengengan dan kecemburuan.

Ketiga: Bahwa itu akan menyebabkan sibuknya hati dengan perkara-perkara bodoh yang bertolak belakang dengan tuntunan para salaf radhiyallohu’anhum.

Karena itu pada hari tersebut tidak boleh ada simbol-simbol perayaan, baik berupa makanan, minuman, pakaian, saling memberi hadiah ataupun yang lainnya.

Hendaknya setiap muslim merasa mulia dengan agamnya dan tidak merendahkan diri dengan menuruti setiap ajakan. Semoga Allah Subhanahu wata’alla melindungi kaum muslimin dari setiap fitnah, baik yang nyata maupun yang tersembunyi dan semoga Allah senantiasa membimbing kita dengan bimbingan dan petunjuk-Nya.
[Kami (para shahabat) berkata: “Wahai Rasulullah! (mereka itu) orang-orang Yahudi dan Nashrani?”. Beliau bersabda: “Siapa lagi (kalau bukan mereka)”. {H.R.al-Bukhary)

Anonim mengatakan...

ستي & أمينة فهمي Rosyadi...Pak,tadikan bahasa Indonesia.Ini loh Pak Bahasa Arabcampuran Indonesianya.Keren kan Pak,,,Awas ya Pak Nilainya yang Bagus buat Fahmi dan Aam.He..he..he
(كل ما على اساسه enggak باك)
Asalamu'alaikum يا guruku هو حبنا وbanggakan ، semoga الله بسم الله الرحمن الرحيم) ترافق دائما في كل خطوة في الحياة ، والسيد jalani.Amin
التعليق على عيد الحب ، والجيل القادم يجب ألا نحتفل رباني والأعراف والممارسات الإسلام Kristiani.Didalam لي كل يوم ويوم ، حتى لا seharusmya متابعة kebiasan المسيحيين.
وقال في خطاب شركة Maarij الفقرة 51 التي تعني : "أيها الذين آمنوا لا تتخذوا اليهود والنصارى أن يصبحوا قادة (مو) ؛ بعضهم لبعض القادة الآخرين. وكل من بينكم يتم نقلهم الى الزعماء ، فإن الشخص الذي ضمن لهم والله لا يهدي الناس الذين ظلموا ".
وكما ورد في آخر الآية ، والله قال : "لن تجد الناس الذين يؤمنون بالله واليوم الآخر ، ونحب بعضنا berkasih مع الذين يعارضون الله ورسوله" (سورة Mujadilah : 22)
Rasulullah قال شاهد :
عن أبي سعيد رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : «لتتبعن سنن من كان قبلكم شبرا بشبر وذراعا بذراع ، حتى لو سلكوا جحر ضب لسلكتموه. قلنا : يارسول الله ، اليهود والنصارى؟ قال : فمن »؟ . رواه البخاري

عن أبي سعيد (سورة Khudry) أن النبي shallallâhu 'alaihi وا سلام قال :" بالتأكيد سوف يتبع السنة (وسيلة / طريقة (على الذين من قبلكم ل- العنق والرقبة وsehasta لsehasta إذا كانت لتصفح الحفرة دخول 'Dlobb' (حيوانات الصحراء تحديدا ، على غرار biawak) ، وكنت أيضا استكشاف ".
ذلك حظر واضح من الله ورسوله بسم الله الرحمن الرحيم) ، وأنه ينبغي لنا أن تقليد المسيحي العادة.
لا ينبغي أن الاحتفال بعيد الحب لأنها أسباب التالية :

أولا : أنه يوم العيد ليس بدعة من حيث المبدأ syari'at.

الثاني : أن ذلك سيكون سببا في الغيرة وعاطفة.

الثالث : أن ذلك سيكون سببا في قلب الامور في ذروة الغباء أن يفلتوا من الخلف من السلف radhiyallohu'anhum التوجيه.

لذلك ، وهو اليوم الذي قد لا يكون الرموز ، مثل الطعام والشراب ، والملبس ، وتبادل الهدايا أو آخر.

ينبغي أن يشعر كل مسلم تعالى وليس مع agamnya ارتد مع كل دعوة طاعة. الله Subhanahu wata'alla حماية المسلمين من كل فضيحة حقيقية وخفية على حد سواء ، وآمل أن الله لا يزال توجيهنا التوجيه ومساعدته.
[نحن (shahabat) وقال : "يا أيها النبي (لهم) وNashrani اليهود؟ ". وقال : "أكثر ما (إن لم تكن منهم)." (H.R.al - Bukhary)

2009 يونيو 10 23:57

Anonim mengatakan...

Siti Aminah & Fahmi Rosyadi ...
(Both Pak enggak what kan)
Asalamu'alaikum O guruku is our love and banggakan, semoga Allah SWT always accompany every step of life, Mr. jalani.Amin
Comment on the Valentine Day, the next generation should not Rabbani and celebrate the customs and practices of Islam Kristiani.Didalam all day is my day, so we do not seharusmya follow kebiasan Christians.
He said in the letter of Al-Maarij paragraph 51 which means: "O those who believe, do not take Jews and Christians to become leaders (mu); some of them are leaders of some of the other. Whoever among you take them to be leaders, then the person is included among them. Allah does not guide the people who do wrong. "
And also mentioned in another verse, Allah said: "You will not find the people who believe in Allah and the Last Day, berkasih love each other with those who oppose Allah and His Messenger." (Al-Mujadilah: 22)
Rasulullah SAW said:
عن أبي سعيد رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «لتتبعن سنن من كان قبلكم شبرا بشبر وذراعا بذراع, حتى لو سلكوا جحر ضب لسلكتموه. قلنا: يارسول الله, اليهود والنصارى? قال: فمن »? . رواه البخاري

From Abu Sa'id (al-Khudry) that the Prophet shallallâhu 'alaihi wa Sallam said: "Surely you will follow the Sunna (way / method) those before you, for a neck-neck, sehasta for sehasta, if they browse to the hole entry 'Dlobb' (specifically the sahara animals, similar biawak), you would also be explored. "
So the prohibition is clear from Allah SWT and His Messenger, that we should imitate the Christian habit.
Should not be celebrating Valentine's day because it causes the following:

First: that it is the feast day bid'ah not have in principle syari'at.

Second: that it will cause jealousy and sentimentality.

Third: That it will cause heart busy with stupid things that get away with the back of the salaf radhiyallohu'anhum guidance.

Therefore, the day may not have the symbols, such as food, drink, clothing, exchange gifts or the other.

Every Muslim should feel exalted with agamnya and not cringe with every call obey. May Allah Subhanahu wata'alla protect Muslims from every scandal, both real and hidden, and I hope God continues to guide us with guidance and help him.
[We (the shahabat) said: "O Prophet! (them) the Jews and Nashrani? ". He said: "What more (if not them)." (H.R.al-Bukhary)

2009 Jun 10 23:57

Maria SSN_2 mengatakan...

Mecome...

Pa ne Maria (tapi bukan Maria Kerrey loh Pa)

Ngemeng2 tentang Valentine's day... Menurut aku che ngapain juga repot - repot Ngerayain VD,

Apalagi ngerayain'y ma pacar (Waduh...bahaya dunX,pasti buat maksiat tuch) Nambahin tabungan dosa aza........

Boro - boro ngerayain VD ultah Aq aza gX pernah dirayain...!!!!

Dah dulu Pa ,mkch...
Wassalamualaikum...

By : Maria Fransisca SSN_2

Sinta SSn 2 mengatakan...

micome...

Pak ne Shinta Sn2...
maaf baru komen sekarang because lagi sibuk syuting.. he..he..

menurut Q sch Vd gaX usah dirayain...
karena tuch budaya nasrani jadi kalau kita umat islam melakukannya dosa besarrrrrrrrrr!!!!!

dah dulu ych pak,,, makasih banyak...
Wassalamualaikum...
By:Sinta Kartika Sn2

Tri Rahayu SSN 2 mengatakan...

Assalamualaikum

Bapa neh Try nak SSn 2
Bpa nulise aja ake - akeh, belenger yakin bacane.

Ya menurut Try, VD itu tergantung dari orangnya masing - masing.
Kalau sekedar ngucapin rasa sayang si ya wajar - wajar aja.Asalkan jangan di selipin hal - hal negatif.

VD menurut Try bukan cuma buat seorang pacaran aja tapi VD juga bisa buat ngungkapin sayang ke keluarga, ya spesialnya sie ke ibu donk...Jadi VD juga bisa buat hubungan makin erat.

Uwis ah Pa...aja akeh...akeh...
Wassalamualaikum. Wr.wb.
By Tri Rahayu SSN 2

Putri Sn2 mengatakan...

Micome..........

pak ne putri SN2, MO komen nch...
Wah past putri baca tentang Valentine Days... wuih seru abiyzzzz cuy, bagus dan menarik...

Menurut putri VD memang gak boleh dirayain untuk umat islam, karena sudah jelas VD itu dilarang bukan???
karena menurut putri VD itu identik dengan kemaksiatan, namun VD tidak bisa di cap begitu saja dengan kemaksiatan, acara VD bisa diganti dengan silahturahmi dengan keluarga

dah dulu ych pa........
wassalamualaikum.........
by putri Sn2

Supriyati_Ssn2 mengatakan...

Assalamualaikum.......

Pak ne Ne supriyati dari sn2... maaf ych pak baru sekarang komen nya, tapi gak apa kan pak???????

menurut Upi Valentine days Yang bapak tulis sungguh menarik..
kalau kata upi seh Valentine days memang gak usah dirayain, sebab hari kasih sayang bukan di hari VD aja iya gak pak?? terus VD bagi kalangan remaja sering sekali di campur Baurkan dengan hal-hal yang tidak sepantasnya... yang membuat dosa...... rugi donk kita dah banyak dosa, tapi di tambah lagi makin banyk dosa kita donk pak...

itu aza yach pak komen dati upi..
wassalamualaikum
by Supriyati SSN2

Nilan SSN2 mengatakan...

Mikumm........

Pak Masduki ne Nilan Sepiyanti SSn2, menurut nilan VD kan hari kasih sayang, mungkin bagi orang yang menganggap VD penting mereka merayakannya, dan menurut saya itu tidak apa apa asalkan merayakan dengan hal yang positif, misalnya dengan memberi hadiah jadi menurut saya tidak apa...

dah dulu yach pak

wassalamualaikum
by. Nilan

Ayusti SSN2 mengatakan...

assalamualaikumm...

Pak Mas nie AYusti SSN2...
menurut ayus che ngga perlu nerayain VD emangnya hari kasih sayang dirayain setahun sekali?? tiap hari jugahari kasih sayang

udah itu aza ych pak, makasih

wassalamualaikum
By Ayusti SSN2

Dias Yohana mengatakan...

MIqUMMM........
pAK Maaf baru komen sekarang-sekarang,....

Pak Masduki nweh Dias dari SSN2,,
menurut dyaz karya bapak sangat bagus, terus tema yang diambil berkaitan dengan masalah remaja sekarang jadi pembaca gak bosen.........

buat karya bapa Ttg VD saya setuju Qt gak boleh ikut ikutan dan bangsa luar yg menyebut kalau tanggal 14 feb tuch sebagai kasih sayang menurut dyaz semua hari juga sama yang beda hanya bagaimana kita memaknai hari itu sendiri

itu aza ych pak....
wassalamualaikum.....
BY. Dias ssn2

yulli's blogg mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.